SOAL PRE
TEST / POST TEST BIMTEK GURU PEMBELAJAR
Oleh :
SRI WARDHANIH, S.Pd.M.Pd.
1. Salah
satu prinsip utama pembelajaran jarak jauh yang harus dipahami oleh guru adalah
:
a. Memberikan
tugas sesuai capaian kurikulum
b. PJJ
dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
c. Memberikan
pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
d. Menyamaratakan
kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
2. Dalam
menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak jauh harus
dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus
dilakukan sekolah adalah:
a. Menyediakan
telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
b. Mendorong
kolaborasi orang tua, guru dan peserta didik
c. Memastikan
orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
d. Meminta
peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
3. Ketika
Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh
guru adalah :
a.
Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
b.
Membangun kesepakatan dengan
orang tua dan peserta didik
c.
Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orang
tua dan peserta didik
d.
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
4. Melakukan
kolaborasi antara guru, orang tua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M
a.
Memanusiakan hubungan
b.
Memahami konsep
c.
Memperdayakan konteks
d.
Memilih tantangan
5. Pekan
lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang
dapat mereka kerjakan dari rumah.Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit
memberikan komentar dan masukan untuk masing – masing peserta didik. Cara 5M
yang diterapkan guru Adit adalah :
a.
Membangun berkelanjutan
b.
Memahami konsep
c.
Memilih tantangan
d.
Memberdayakan konteks
6. Perhatikanlah
daftar dibawah ini :
·
Memberikan komentar atau masukan dari tugas
yang dikerjakan peserta didik
·
Membuat instruktur tugas yang mudah dipahami
orang tua dan peserta didik
·
Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu
peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah
pernyataan – pernyataan diatas ?
a. Membangun
keberlanjutan
b. Memahami
konsep
c. Memilih
tantangan
d. Memberdayakan
konteks
7. Selain memanusiakan manusia, melibatkan orang
tua dalam pembelajaran jarak ajuh dapat dilakukan melalui cara memilih
tantangan. Dari pilihan dibawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat
untuk direkomendasikan kepada orang tua ?
a. Berdiskusi
tentang tujuan pembelajaran
b. Menyusun
jadwal belajar bersama anak
c. Bertanya
tantangan belajar kepada anak
d. Menjadi
nara sumber untuk topik belajar yang relevan
8. Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan guru
Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah,
mengetahui hal tersebut, guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta
didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5 M yang
dilakukan guru Roni adalah :
a. Membangun
berkelanjutan
b. Memahami
konsep
c. Memanusiakan
hubungan
d. Memberdayakan
konteks
9. Sebelum melaksanakan pemeblajaran jarak jauh,
guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Diberi beberapa
kesempatan, guru Aben menjelaskan
mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial
dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini
tergolong cara 5M …
a. Memberdayakan
konteks
b. Memilih
tantangan
c. Memahami
konsep
d. Membangun
keberlanjutan
10. Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan
a. Kurikulum
yang baru untuk masa pandemi
b. Penyederhanaan
dari kurikulum nasional
c. Gabungan
kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
d. Penjabaran
dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
11. Pembelajaran
yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip
pembelajaran jarak jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan
memberikan aktivitas …
a. Pembelajaran
materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan
menjual barang
b. Pembelajaran
penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
c. Pembelajaran
materi menulis surat resmi dengan mengirim surat mengirim surat kepada gubernur
d. Pembelajaran
materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
12. Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari
pendidikan adalah …
a. Konsep
b. Keterampilan
c. Konteks
d. Kompetensi
13. Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda
menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi
anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring guru Dinda merasa bahwa peserta
didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat
dihindari jika guru Dinda melakukan :
a.
Asesmen formatif
b.
Asesmen kognitif
c.
Asesmen diagnosis awal
d.
Asesmen sumatif
14. Empat kemampuan yang menandai penguasaan
kompetensi pada siswa adalah …..
a.
Menalar, siap hidup,
kemandirian, ujian bermakna
b.
Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
c.
Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian
bermakna
d.
Kemandirian, menalar, kecerdasa, ujian makna
15. Guru Adi memberikan tugas proyek secara
berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan.Selama proyek berlangsung,
guru Adi meminta peserta didik untuk meberikan laporan setiap minggu. Guru Adi
juga memberikan komentar dan masukan dilaporan mingguan peserta didik. Dari
cerita diatas, dapat diketahui bahwa
pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis …
a.
Konten
b.
Konsep
c.
Kompetensi
d.
Topik
16.
Kompetensi
3 ( Pengetahuan ) |
Kompetensi
4 ( Keterampilan ) |
3. Memahami
pengetahuan faktual denag cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya dan benda – benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang
mencerminkan periaku anak beriman dan berakhlak mulia |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
3.1. Menggali
informasi tentang cara – cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara
dan/atau eksplorasi lingkukngan |
4.1. Menyajikan hasil
wawancara tentang cara cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bnetuk tulis
dan visual menggunakan kosakata baku dalam kalimat |
Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3
mata pelajaran Bahasa Indonesia . Setelah menentukan tujuan kompetensi yang
menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan KD 4, apa langkah
selanjutnya yang harus dilakukan ?
a. Menetapkan
indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
b. Menentukan
cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
c. Membuat
aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
d. Melakukan
asesmen untuk mengukur keberhasialn belajar siswa
17. Mengapa
KI dan KD perlu diselaraskan ?
a. Agar
memudahkan guru dalam mengajar
b. Untuk
memenuhi persyaratan kurikulum nasional
c. Agar
sejalan dengan kebutuhan /kondisi murid
d. Agar asesmen mudah dilakukan
18.
KOMPETENSI
INTI 3 (
PENGETAHUAN ) |
KOMPETENSI
INTI 4 (
KETERAMPILAN ) |
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, disekolah dan tempat
bermain |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan
berakhlak mulia |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
3.5. Mengidentifikasi
kompetensi listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menhasilkan
menyalurkan dan menghemat energi listrik |
4.5 Menyajikan karya
tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber
alternatif energi listrik |
Guru Prima akan mengajar materi listrik
untuk kelaas VI sesuai denagn kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel
diatas. Sebelumnya guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan menadpatkan
informasi bahwa ada orang tua muriid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara
( PLN ) dan meiliki waktu luang . Dari informasi tersebut manakah aktivitas
pembelajaran yang cocok diterapkan guru
Prima ?
a. Memberi
tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
b. Membuat
acara Talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
c. Mengajak
murid menghitung meteran listrik di rumah
d. Meminta
murid belajar mandiri dari Youtube
19. Tujuan
dari asesmen diagnostik diawal pembelajaran adalah :
a. Memonitor
kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi
b. Memonitor
perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memuhi target capaian
belajar
c. Memonitor
keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
d. Memonitor
perkembangan emosi dan psikologis siswa
20. Dari
pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen diawal pembelajaran yang tepat ?
a. Evaluasi
– Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
b. Asesmen
kognitif – Evaluasi – Tindak lanjut – Asesmen non kognitif
c. Evaluasi
dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen nonkognitif
d. Asesmen
non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut
21. Dalam
melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan
pertanyaan kunci seperti …
a. Apa
yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online ?
b. Apa
yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah ?
c. Apa
saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah ?
d. Apa
tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah ?
22. Guru
Johnny mengajar di kelas 1 SD. Diawal pertemuan, guru Johnny menanyakan
perasaan dan keadaan siswanya. Dari pertanyaan tersebut dapat diketahui bahwa
guru Johnny sedang melakukan tahap ….
a. Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
b. Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
c. Persiapan
asesmen diagnosis non kognitif awal
d. Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
23. Ditahun
ajaran baru, guru Wendi ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun
ajaran baru , guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak
jauh. Salah satunya adalah soal – soal yang terdiri dari meteri pelajaran kelas
4 semester 1 dan beberapa materi kelas 3 dan 2. Yang dilakukan guru Wendy
merupakan tahapan ….
a. Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
b. Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
c. Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
d. Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
24. Guru
Tya telah melakuakn asesmen kognitif dan non kognitif awal. Adit seorang
siswanya memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif, Namun pada
asesmen non kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan
pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan . Dari cerita diatas, tindak
lanjut yang dapat guru Tya lakukan adalah :
a. Membentuk
kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
b. Berdiskusi
denga Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
c. Mmebuat
aktivitas belajar yang kreatif
d. Memberikan
pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan adit
25. Setelah
melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma seorang siswa kelas 5, memiliki
hasil asesmen dengan nilai semester dibawah rata- rata kelas. Dari pernyataan
tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah :
a. Menghubungi
orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
b. Melakukan
asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata –
rata
c. Mengelompokkan
siswa dengan nilai dibawah rata – rata keals untuk mendapatkan pelajaran
tambahan
d. Menghubungi
orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
26. Guru Iren adalah seorang guru kelas 3. Diawal
tahun ajaran baru, guru Iren memulai kelas meminta siswa bercerita dengan
menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang guru Iren berikan
:
1. “
Bagaiman kabar kamu hari ini ? “
2. “ Apa
saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dirumah dalam 3 bulan terakhir
kemarin ?”
3. “
Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenagkan yang
kamu dapatkan kemarin ?”
Dari pernyataan tersebut dapat diketahui
bahwa yang sedang dilakukan guru Iren merupakan langkah – langkah asesmen awal
pada tahap …
a. Persiapan
asesmen diagnosis kognitif awal
b. Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
c. Persiapan
asesmen diagnosis non kognitif
d. Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
27. Asesmen
untuk belajar dapat digunakan untuk …
a. Mendapatkan
informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahap
belajar
b. Memandu
peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
c. Mendapatkan
informasi yang dibutuhkan orang tua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
d. Mendapatkan
informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
28. Mengukur
penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian
kurikulum merupakan katagori ….
a. Asesmen
pembelajaran
b. Asesmen
untuk belajar
c. Asesmen
sebagai belajar
d. Asesmen
terhadap belajar
29. Apa
tujuan dilakukannya asesmen diagnosis ?
a.
Sebagai bahan pertimbangan untuk naik kelas
selanjutnya
b.
Membandingkan pemahaman setiap
peserta didik didalam kelas
c.
Untuk memenuhi penilaian hasil belajar ( rapot
)
d.
Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik
dalam topik sebuah mata pelajaran
30. Setelah
melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama
proses pembelajaran ?
a.
Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok
dibawah rata – rata untuk menuntaskan kurikulum
b.
Guru menyesuaikan aktifitas dan materi belajar
dikelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
c.
Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada
siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
d.
Guru menyesuaikan aktivitas
dan materi belajar dikelas dengan peningkatan rata – rata semua murid di kelas
31. Asesmen
diagnosis berkala termasuk ….
a.
Asesmen pembelajaran
b.
Asesmen trehadap belajar
c.
Asesmen formatif
d.
Asesmen sumatif
32. Asesmen
diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya.
Hal ini terkait dengan …
a.
Pemeriksaan kemampuan belajar
peserta didik untuk membantu proses belajar
b.
Berfokus pada proses belajar peserta didik dan
dilakukan diakhir semester
c.
Umpan balik pada peserta didik hanya untuk
topik pembelajaran tertentu
d.
Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan
hasil nilai ujian akhir
33. Dari
pilihan berikut ini, manakah aktifitas yang dilakukan guru pada tahap
pengelolaan hasil sasesmen ?
a.
Membagi peserta didik dalam kelompok
berdasarkan hasil asesmen
b.
Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar
dikelas dengan meningkatkan rata – rata semua peserta didik
c.
Melakukan penilaian untuk
masing – masing peserta didik dengan membrikan nilai 1 apabila jawaban benar
dan nilai 0 apabila jawaban salah
d.
Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling
sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
34. Seorang
guru melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap
persiapan guru tersebut menyususn 10 soal sederhana. Bagaimana pemilihan soal
yang sebaiknya dilakukan ?
a.
2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal
pada materi yang akan dipelajari
b.
8 soal dari materi prasyarat
dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
c.
4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal
pada materi yang akan dipelajari
d.
6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal
pada materi
35. Pemeblajaran
jarak jauh merupakan …..
a.
Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan
tugas melalui WAG/email
b.
Pembelajaran yang dikaukan dengan meminta murid
mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
c.
Pembelajaran yang diberikan melalui media
elektronik ( TV, radio ) dan membuat catatan
d.
Pembelajaran yang diberikan
sesuai kondisi murid
36. Penggunaan
televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model ….
a. Dalam
jaringan/online
b. Luar
jaringan/offline
c. Trepadu
( memadukan )
d. Kunjungan
guru
37. Dalam
konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktifitas pembelajaran sinkron dan
asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah ….
a. Belajar
dilakuakn kapan saja, tidak ada jam tertentu
b. Murid
dan orang tua dapat melihat materi belajar kapan saja , dapat mengulang kembali
dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
c. Menyatukan
belajar berbasis proyek/ membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian
didiskusikan bersama
d. Dalam
pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan
komunikasi saat itu juga
38. Guru
Amir mengajar didaerah pedesaan yang tidak semua orang memiliki gawai ( telepon
pintar, televisi, radio ). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya
digunakan guru Amir ?
a.
Model PJJ dengan keals daring
b.
Model Guru kunjung
c.
Model kelas luring bekelompok kecil
d.
Model PJJ melalui televisi
39. Konsep
utama pembelajaran terpadu ( blended ) adalah …
a.
Guru menjadi sumber belajar utama yang
menentukan keputusan pembelajaran
b.
Pembelajaran berpusat pada
peserta didik dimana peserta didik mengakses sumber belajar daring maupun
luring secara mandiri
c.
Fasilitas internet menjadi sarana paling
penting dengan fitur yang bagus dan menarik
d.
Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas
daring maupun luring
40. Saat
melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk
melanjutkan belajar sementara LKS yang harus dikerjakan cukup banyak. Apa yang
sebaiknya dilakukan ?
a. Tetap
memaksakan pesrta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu
dikejar
b. Menghentikan
pembelajaran dan melanjutkannya kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
c. Mengganti
dengn proyek lain yang tetap sesuai denagn tema pembelajaran
d. Memanfaatkan
hal – hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
41. Mengumpulkan
tugas pembelajaran melaui e-mail. Google Drive atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp
merupakan jenis aktifitas pelajaran ….
a. Daring
sinkron
b. Daring
asinkron
c. Luring
sinkron
d. Luring
asinkron
42. Sekolah
memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, jumlah rombingan belajar
yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama
3 hari disekolah . Di sisi lain guru – guru merasa waktu yang diberikan masih
kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah lanhgkah yang dapat dipilih oleh
guru
a. Tetap
melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
b. Mengembalikan
pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta
c. Menambah
waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja /modul sebagai
pendukung
d. Proses
belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV
sebagai pendukung
43. Penggunaan
media belajar seperti tape recorder, radio dan telepon merupak media belar yang
berjenis …..
a. Visual
b. Audio
c. Audio
Visual
d. Multimedia
44. Definisi dari pengetahuan koten adalah ….
a. Pengetahuan
mengenai proses dan praktik atau metode belajar mengajar
b. Pengetahuan
mengenai standar teknologi sederhan sampai yang canggih
c. Pengetahuan
mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
d. Pengetahuan
mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
45. Didalam kelas, guru Ani menggunakan media
belajar audio visual karena menyadari pesrta didiknya memiliki gaya belajar
yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan ….
a.
Karakteristik peserta didik
b.
Potensi media dan teknologi
c.
Keaadan latar atau lingkungan
d.
Tujuan pembelajaran
46. Guru
Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk
mengajarkan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orang tua
masing – masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi
dengan sumber belajar …..
a.
Pesan
b.
Bahan
c.
Orang
d.
Alat
a. Melihat
simulasi
b. Meliha
pameran
c. Berparisipasi
dalam workshop
d.
Melakukan simulasi
48.
Definisi dari media pembelajaran …
a. Berbagai
atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara
terpisah maupun terkombinasi
b.
Alat fisik yang digunakan
untuk menyampaikan isi materi pengajaran
c. Sesuatu
yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta
didik dalam belajar
d. Suatu
cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
49.
Kelebihan merancang sumber belajar sendiri
adalah ….
a. Sesuai
dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
b. Membutuhkan
kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
c. Mudah
ditemui dikehidupan nyata
d. Tidak
membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
50.
Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran
matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat dan
penggaris dengan ukuran – ukuran yang telah ditetapkan . Dari ilustrasi
tersebut manakah yang termasuk media belajar ?
a. Ibu
Tini sebagai guru matematika
b. Bangun
ruang sebagai komptensi yang dipelajari
c.
Kubus dan kawat yang digunakan
untuk menjelaskan materi pembelajaran
d. Penggaris
yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang
kubus
Sumber : https://gurubelajar.kemdikbud.go.id
Very very Good ..thank's
BalasHapus