Sabtu, 10 Oktober 2020

SOAL PRE TEST DAN POST TEST BIMTEK GURU PEMBELAJAR

 

SOAL PRE TEST / POST TEST BIMTEK GURU PEMBELAJAR

 

Oleh : SRI WARDHANIH, S.Pd.M.Pd.

sriwardhanih@gmail.com

 

 


1.    Salah satu prinsip utama pembelajaran jarak jauh yang harus dipahami oleh guru adalah :

a.    Memberikan tugas sesuai capaian kurikulum

b.    PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama

c.    Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik

d.    Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik

2.    Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi.  Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan sekolah adalah:

a.    Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik

b.    Mendorong kolaborasi orang tua, guru dan peserta didik

c.    Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung

d.    Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu

3.    Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah :

a.    Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar

b.    Membangun kesepakatan dengan orang tua dan peserta didik

c.    Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orang tua dan peserta didik

d.    Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran

4.    Melakukan kolaborasi antara guru, orang tua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M

a.    Memanusiakan hubungan

b.    Memahami konsep

c.    Memperdayakan konteks

d.    Memilih tantangan

5.    Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah.Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk masing – masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah :

a.    Membangun berkelanjutan

b.    Memahami konsep

c.    Memilih tantangan

d.    Memberdayakan konteks

6.    Perhatikanlah daftar dibawah ini :

·         Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik

·         Membuat instruktur tugas yang mudah dipahami orang tua dan peserta didik

·         Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran

         Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan – pernyataan diatas ?

a.      Membangun keberlanjutan

b.      Memahami konsep

c.      Memilih tantangan

d.      Memberdayakan konteks

7.   Selain memanusiakan manusia, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak ajuh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan dibawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua ?

a.    Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran

b.    Menyusun jadwal belajar bersama anak

c.    Bertanya tantangan belajar kepada anak

d.    Menjadi nara sumber untuk topik belajar yang relevan

8.    Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah, mengetahui hal tersebut, guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5 M yang dilakukan guru Roni adalah :

a.    Membangun berkelanjutan

b.    Memahami konsep

c.    Memanusiakan hubungan

d.    Memberdayakan konteks

9.    Sebelum melaksanakan pemeblajaran jarak jauh, guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Diberi beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan     mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong cara 5M …

a.    Memberdayakan konteks

b.    Memilih tantangan

c.    Memahami konsep

d.    Membangun keberlanjutan

10.  Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan

a.    Kurikulum yang baru untuk masa pandemi

b.    Penyederhanaan dari kurikulum nasional

c.    Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan

d.    Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu

11. Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip pembelajaran jarak jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas …

a.    Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang

b.    Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan

c.    Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat mengirim surat kepada gubernur

d.    Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview    bersama dokter

12.  Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah …

a.    Konsep

b.    Keterampilan

c.    Konteks

d.    Kompetensi

13.  Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan :

a.    Asesmen formatif

b.    Asesmen kognitif

c.    Asesmen diagnosis awal

d.    Asesmen sumatif

14.  Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah …..

a.  Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna

b.  Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna

c.   Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna

d.  Kemandirian, menalar, kecerdasa, ujian makna

15.  Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan.Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk meberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan dilaporan mingguan peserta didik. Dari cerita diatas, dapat  diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis …

a.    Konten

b.    Konsep

c.    Kompetensi

d.    Topik

16.  

Kompetensi 3 ( Pengetahuan )

Kompetensi 4 ( Keterampilan )

3. Memahami pengetahuan faktual denag cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda – benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan periaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1. Menggali informasi tentang cara – cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkukngan

4.1. Menyajikan hasil wawancara tentang cara cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bnetuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dalam kalimat

 

Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia . Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan KD 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan ?

a.    Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa

b.    Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa

c.    Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa

d.    Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasialn belajar siswa

17. Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan ?

a.    Agar memudahkan guru dalam mengajar

b.    Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional

c.    Agar sejalan dengan kebutuhan /kondisi murid 

d.    Agar asesmen mudah dilakukan

18.  

KOMPETENSI INTI 3

( PENGETAHUAN )

KOMPETENSI INTI 4

( KETERAMPILAN )

3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, disekolah dan tempat bermain

4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.5. Mengidentifikasi kompetensi listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menhasilkan menyalurkan dan menghemat energi listrik

4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik

 

Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelaas VI sesuai denagn kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel diatas. Sebelumnya guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan menadpatkan informasi bahwa ada orang tua muriid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) dan meiliki waktu luang . Dari informasi tersebut manakah aktivitas pembelajaran yang cocok  diterapkan guru Prima ?

a.    Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik

b.    Membuat acara Talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN

c.    Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah

d.    Meminta murid belajar mandiri dari Youtube

19. Tujuan dari asesmen diagnostik diawal pembelajaran adalah :

a.    Memonitor kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi

b.    Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memuhi target capaian belajar

c.    Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh

d.    Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa

20. Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen diawal pembelajaran yang tepat ?

a.    Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut

b.    Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak lanjut – Asesmen non kognitif

c.    Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen nonkognitif

d.    Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut

21. Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti …

a.    Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online ?

b.    Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah ?

c.    Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah ?

d.    Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah ?

22. Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Diawal pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pertanyaan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap ….

a.    Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal

b.    Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal

c.    Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal

d.    Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal

23. Ditahun ajaran baru, guru Wendi ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran baru , guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal – soal yang terdiri dari meteri pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi kelas 3 dan 2. Yang dilakukan guru Wendy merupakan tahapan ….

a.    Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal

b.    Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal

c.    Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal

d.    Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal

24. Guru Tya telah melakuakn asesmen kognitif dan non kognitif awal. Adit seorang siswanya memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif, Namun pada asesmen non kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan . Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat guru Tya lakukan adalah :

a.    Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh

b.    Berdiskusi denga Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit

c.    Mmebuat aktivitas belajar yang kreatif

d.    Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan adit

25. Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai semester dibawah rata- rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah :

a.    Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung

b.    Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata – rata

c.    Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata – rata keals untuk mendapatkan pelajaran tambahan

d.    Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah

26.  Guru Iren adalah seorang guru kelas 3. Diawal tahun ajaran baru, guru Iren memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang guru Iren berikan :

1.    “ Bagaiman kabar kamu hari ini ? “

2.    “ Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dirumah dalam 3 bulan terakhir kemarin ?”

3.    “ Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenagkan yang kamu dapatkan kemarin ?”

Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan guru Iren merupakan langkah – langkah asesmen awal pada tahap …

a.    Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal

b.    Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal

c.    Persiapan asesmen diagnosis non kognitif

d.    Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal

 

27. Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk …

a.    Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahap belajar

b.    Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya

c.    Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orang tua dan pihak lain terkait capaian kurikulum

d.    Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran

28. Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan katagori ….

a.    Asesmen pembelajaran

b.    Asesmen untuk belajar

c.    Asesmen sebagai belajar

d.    Asesmen terhadap belajar

29. Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis  ?

a.    Sebagai bahan pertimbangan untuk naik kelas selanjutnya

b.    Membandingkan pemahaman setiap peserta didik didalam kelas

c.    Untuk memenuhi penilaian hasil belajar ( rapot )

d.    Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran

30. Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran ?

a.    Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata – rata untuk menuntaskan kurikulum

b.    Guru menyesuaikan aktifitas dan materi belajar dikelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa

c.    Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi

d.    Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar dikelas dengan peningkatan rata – rata semua murid di kelas

31. Asesmen diagnosis berkala termasuk ….

a.    Asesmen pembelajaran

b.    Asesmen trehadap belajar

c.    Asesmen formatif

d.    Asesmen sumatif

32. Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan …

a.    Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar

b.    Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan diakhir semester

c.    Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu

d.    Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir

33. Dari pilihan berikut ini, manakah aktifitas yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil sasesmen ?

a.    Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen

b.    Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar dikelas dengan meningkatkan rata – rata semua peserta didik

c.    Melakukan penilaian untuk masing – masing peserta didik dengan membrikan nilai 1 apabila jawaban benar dan nilai 0 apabila jawaban salah

d.    Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi

34. Seorang guru melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan guru tersebut menyususn 10 soal sederhana. Bagaimana pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan ?

a.    2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari

b.    8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari

c.    4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari

d.    6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi

35. Pemeblajaran jarak jauh merupakan …..

a.    Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas melalui WAG/email

b.    Pembelajaran yang dikaukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya

c.    Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik ( TV, radio ) dan membuat catatan

d.    Pembelajaran yang diberikan sesuai kondisi murid

36. Penggunaan televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model ….

a.    Dalam jaringan/online

b.    Luar jaringan/offline

c.    Trepadu ( memadukan )

d.    Kunjungan guru

37. Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktifitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah ….

a.    Belajar dilakuakn kapan saja, tidak ada jam tertentu

b.    Murid dan orang tua dapat melihat materi belajar kapan saja , dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah

c.    Menyatukan belajar berbasis proyek/ membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama

d.    Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga

38. Guru Amir mengajar didaerah pedesaan yang tidak semua orang memiliki gawai ( telepon pintar, televisi, radio ). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir ?

a.    Model PJJ dengan keals daring

b.    Model Guru kunjung

c.    Model kelas luring bekelompok kecil

d.    Model PJJ melalui televisi

39. Konsep utama pembelajaran terpadu ( blended ) adalah …

a.    Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran

b.    Pembelajaran berpusat pada peserta didik dimana peserta didik mengakses sumber belajar daring maupun luring secara mandiri

c.    Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik

d.    Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring

 

40. Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan ?

a.    Tetap memaksakan pesrta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar

b.    Menghentikan pembelajaran dan melanjutkannya kembali jika anak sudah ada keinginan belajar

c.    Mengganti dengn proyek lain yang tetap sesuai denagn tema pembelajaran

d.    Memanfaatkan hal – hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar

41. Mengumpulkan tugas pembelajaran melaui e-mail. Google Drive atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktifitas pelajaran ….

a.    Daring sinkron

b.    Daring asinkron

c.    Luring sinkron

d.    Luring asinkron

42. Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, jumlah rombingan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari disekolah . Di sisi lain guru – guru merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah lanhgkah yang dapat dipilih oleh guru

a.    Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan

b.    Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta

c.    Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja /modul sebagai pendukung

d.    Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung

43. Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio dan telepon merupak media belar yang berjenis …..

a.    Visual

b.    Audio

c.    Audio Visual

d.    Multimedia

44.  Definisi dari pengetahuan koten adalah ….

a.    Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar mengajar

b.    Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhan sampai yang canggih

c.    Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi

d.    Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari

45.  Didalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari pesrta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan ….

a.    Karakteristik peserta didik

b.    Potensi media dan teknologi

c.    Keaadan latar atau lingkungan

d.    Tujuan pembelajaran

46. Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk mengajarkan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orang tua masing – masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar …..

a.    Pesan

b.    Bahan

c.    Orang

d.    Alat

47. Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik ….

a.    Melihat simulasi

b.    Meliha pameran

c.    Berparisipasi dalam workshop

d.    Melakukan simulasi

48. Definisi dari media pembelajaran …

a.    Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi

b.    Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran

c.    Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar

d.    Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas

49.  Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah ….

a.    Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik

b.    Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya

c.    Mudah ditemui dikehidupan nyata

d.    Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat

50. Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat dan penggaris dengan ukuran – ukuran yang telah ditetapkan . Dari ilustrasi tersebut manakah yang termasuk media belajar ?

a.    Ibu Tini sebagai guru matematika

b.    Bangun ruang sebagai komptensi yang dipelajari

c.    Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran

d.    Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus

 

Sumber : https://gurubelajar.kemdikbud.go.id

 

1 komentar: