SOAL
DAN JAWABAN KUIS BIMTEK GURU PEMBELAJAR
By
SRI
WARDHANIH, S.Pd.M.Pd.
KUIS
KONSEP PJJ – BIMTEK TAHAP 1 TOPIK 1 – 6
1. Prinsip pembelajaran jarak jauh yang utama harus dipahami oleh guru ialah …
a. Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
b. PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
c. Memberikan pengalaman bellajar yang bermakna bagi siswa
d. Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar siswa
2. Diantara tujuan pembelajaran jarak jauh berikut, yang berkaitan langsung dengan proses belajar siswa ialah:
a. Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan
b. Memastikan pemenuhan hak belajar siswa dalam situasi darurat Covid-19
c. Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19
d. Memastikan pemenuhan dukungan psikososial guru, siswa dan orang tua
3. Covid-19 berdampak siswa belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Menurut Anda, bagaimana memilih pendekatan pembelajaran jarak jauh yang efektif?
a. Dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online
b. Dilakukan secara luring (luar jaringan) atau offline
c. Kombinasi antara daring dan luring
d. Disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas belajar siswa
4. Pembelajaran jarak jauh tidak selalu dilakukan secara daring (dalam jaringan), tetapi dapat dilakukan melalui luring (luar jaringan). Apa saja yang termasuk media belajar secara luring?
a. Video pembelajaran
b. Buku sekolah elektronik
c. Program belajar melalui televisi
d. Grup Whatsapp
5. Pembelajaran jarak jauh yang bermakna dapat dirancang melalui strategi 5M. Berikut ini yang bukan termasuk strategi 5M ialah:
a. Memahami konsep
b. Merancang RPP
c. Membangun keberlanjutan
d. Memilih tantangan
6. Guru Abdi mengajar di daerah pelosok Indonesia. Keterbatasan mengakses internet menjadi tantangan melaksanakan PJJ. Alhasil, Guru Abdi mengumpulkan informasi terlebih dulu terkait profil serta membangun kesepakatan bersama orang tua. Melalui hasil kesepakatan tersebut, penyampaian materi dilakukan melalui bahan ajar cetak sehingga siswa dan orang tua tidak terbebani dengan akses internet. Berdasarkan cerita dari Guru Abdi, apa strategi 5M yang telah diterapkan?
a. Memanusiakan hubungan
b. Memilih tantangan
c. Memahami konsep
d. Memberdayakan konteks
7. Masih dari cerita Guru Abdi, selain menggunakan bahan ajar cetak, Guru Abdi merancang kegiatan belajar yang bisa mencakup lebih dari satu pelajaran. Apa strategi 5M yang dilakukan?
a. Memanusiakan hubungan
b. Memahami konsep
c. Membangun keberlanjutan
d. Memberdayakan konteks
8. Menurut Anda, bagaimana menerapkan strategi 5M membangun keberlanjutan?
a. Memberi umpan balik dari refleksi pada setiap penugasan yang diberikan
b. Menyediakan pilihan jam belajar siswa
c. Memetakan profil siswa dan orang tua
d. Membangun kesepakatan dengan orang tua
9. Pembelajaran berbasis kompetensi terlihat dari …..
a. Berbagai kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran
b. Berbagai materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari
c. Berbagai produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi
d. Meningkatkan capaian nilai KKM kelas dan sekolah selama satu tahun ajaran
10. Pembelajaran jarak jauh membuat guru, siswa dan orang tua untuk saling terlibat. Tantangan yang dikeluhkan orang tua merasa terbebani dengan tugas yang diberikan guru. Sebagai solusi, strategi 5M memanusiakan hubungan dapat menjawab tantangan tersebut. Apa saja yang bisa menjadi topik diskusi antara guru dan orang tua dalam strategi memanusiakan hubungan?
a. Cara belajar anak
b. Pekerjaan orang tua dan waktu mendampingi belajar anak
c. Kebiasaan anak di rumah
d. Semua jawaban benar
11. Dengan penerapan kurikulum pada kondisi khusus diharapkan ….
a. Guru dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan cakupan yang telah ditentukan
b. Guru dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang tidak realistis
c. Guru dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid – 19 dengan kompetensi minimal saja
d. Guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk kelanjutan pembelajaran
12. Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam keputusan Mendikbud tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus adalah …..
a. Tetap mengacu pada kurikulum nasional
b. Menggunakan kurikulum darurat
c. Membebaskan sekolah dari segala bentuk kurikulum
d. Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri
13. Prinsip pembelajaran jarak jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuaan kurikulum pada kondisi khusus ….
a. Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi
b. Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi
c. Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup
d. Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas
14. Tujuan pembelajaran jarak jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus ….
a. Tercapainya seluruh target kurikulum selama satu tahun
b. Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orang tua
c. Segera berakhirnya pandemi untuk pembelajaran normal
d. Peningkatan penguasaan materi siswa selama masa pandemi
15. Selain strategi memanusiakan hubungan, pelibatan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui strategi memilih tantangan. Bagaimana guru dapat melibatkan orang tua untuk menerapkan strategi memilih tantangan?
a. Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
b. Menyususn jadwal belajar bersama anak
c. Bertanya tantangan atau kesulitan belajar yang dihadapi anak
d. Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
16. Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus…
a. Tercapainya seluruh target kurikulum selama satu tahun
b. Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orang tua
c. Segera berakhirnya pandemi untuk pembelajaran normal
d. Peningkatan penguasaan materi siswa selama masa pandemi
17. Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus…
a. Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi
b. Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi
c. Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup
d. Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas
18. Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam keputusan Mendikbud tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, adalah …
a. Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional
b. Menggunakan kurikulum darurat
c. Membebaskan sekolah dari segala bentuk kurikulum
d. Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri
19. Kurikulum pada kondisi khusus merupakan …
a. Penyederhanaan dari kurikulum nasional
b. Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
c. Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
d. Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu diberikan
20. Dengan penerapan kurikulum pada kondisi khusus diharapkan…
a. Guru dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan cakupan yang telah ditentukan
b. Guru dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang tidak realistis
c. Guru dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid-19 dengan kompetensi minimal saja
d. Guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk kelanjutan pembelajaran
21. Hal manakah yang dapat membuktikan penguasaan kompetensi siswa?
a. Kemampuan untuk membuat produk sesuai contoh
b. Kemampuan untuk memecahkan masalah terkait kehidupan
c. Kemampuan berfikir kritis dengan menjawab soal analisis
d. Kemampuan untuk mendapatkan nilai diatas KKM
22. Pembelajaran berbasis kompetensi terlihat dari …
a. Berbagai kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran
b. Berbagai materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari
c. Berbagai produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi
23. Berikut ini yang bukan merupakan tiga kategori asesmen dalam pembelajaran ialah …
a. Asesmen untuk proses belajar
b. Asesmen terhadap proses belajar
c. Asesmen dalam proses belajar
d. Asesmen sebagai proses belajar
24. Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang sering terjadi adalah ….
a. Asesmen dilakukan diakhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
b. Asesmen dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar
c. Asesmen dilakukan untuk meberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar
d. Asesmen dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya
25. Tujuan asesmen terhadap proses belajar ialah …
a. Mengumpulkan informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
b. Menilai hasil belajar
c. Monitoring dan refleksi proses belajar siswa
d. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
26. Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi selalu memberi umpan balik untuk mengumpulkan informasi sejauh mana pemahaman siswa menguasai materi yang disampaikan. Dalam hal ini, Guru Rahmi telah menerapkan salah satu dari kategori asesmen ….
a. Asesmen untuk proses belajar
b. Asesmen terhadap proses belajar
c. Asesmen dalam proses belajar
d. Asesmen sebagai proses belajar
27. Berikut ini merupakan tujuan merancang asesmen diagnosis berkala yaitu ….
a. Menilai hasil belajar
b. Melibatkan orang tua dalam proses belajar anak
c. Memfasilitasi sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran
d. Memetakan kemampuan belajar siswa
28. Menurut anda , kapan waktu yang tepat untuk melakukan asesmen diagnosis berkala ?
a. Diawal saat hendak mulai materi pembelajaran
b. Di akhuir saat hendak mengakhiri topik/materi pembelajaran
c. Saat melaksanakan pembelajaran
d. Dilaksanakan secara rutin pada awal/akhir /waktu lain saat proses pemeblajaran
29. Asesmen diagnosis berkala termasuk ke dalam asesmen ….
a. Asesmen sumatif
b. Asesmen formatif
c. Asesmen terhadap proses belajar
d. Asesmen dalam proses belajar
30. Berikut ini merupakan keterkaitan antara asesmen diagnosis berkala dengan asesmen formatif kecuali ….
a. Orientasi pada proses belajar siswa
b. Dilakuakn secara berkala saat pembelajaran berlangsung
c. Mengukur hasil belajar siswa
d. Memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil diagnosis
31. Asesmen diagnosis berkala dilakukan melalui tiga tahap mencakup persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Apa saja yang dilakukan ?
a. Menyusun 10 soal sederhana
b. Memberikan asesmen secara tatap muka atau belajar dari rumah
c. Mengolah hasil asesmen
d. Melakukan asesmen
32. Apa harapan anda saat melakukan ketiga tahap asesmen diagnosis berkala ?
a. Menyesuaikan pembelajaran dikelas dengan rata – rata kemampuan siswa
b. Mengukur pencapaian hasil belajar
c. Mengembangkan potensi dan minat siswa
d. Melibatkan orang tua dalam asesmen
33. Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnosis awal pembelajaran adalah…
a. Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
b. Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
c. Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
d. Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
34. Berikut ini adalah siklus asesmen di awal pembelajaran…
a. Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
b. Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
c. Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
d. Asesmen non kognitif-Asesmen kognitif – Tindak Lanjut dan Evaluasi
35. Dalam melakukan persiapan diagnosis awal non kognitif, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti…
a. Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
b. Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah ?
c. Apa orang tuamu lakukan untuk membantumu ketika belajar dari rumah?
d. Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
36. Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif awal, Adit seorang siswanya memiliki nilai skor yang tinggi pada asesmen kognitifnya namun pada asesmen non kognitif Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan. Dari cerita diatas tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
a. Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
b. Membuat aktivitas belajar yang kreatif
c. Melakukan diskusi dengan Adit dan orang tuanya, terkait kendala yang dihadapi Adit
d. Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
37. Dalam praktik pembelajaran jarak jauh, guru perlu menguasai pengetahuan Pedagogi, pengetahuan konten, dan pengetahuan teknologi. Pengetahuan pedagogi merupakan …
a. Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
b. Pengetahuan mengenai standar teknologi yang digunakan
c. Pengetahuan mengenai konsep penting yang dipelajari
d. Pengetahuan mengenai proses atau metode pembelajaran
38. Mengintegrasikan pengetahuan teknologi pada pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten menghasilkan pengetahuan konten pedagogi teknologi dimana …
a. Teknologi melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten
b. teknologi merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran
c. teknologi merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari
d. teknologi menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru
39. Pengalaman pembelajaran manakah yang memungkinkan siswa untuk mengingat lebih banyak?
a. Mendengar ceramah
b. Menonton video
c. Melihat pameran
d. Melakukan simulasi
40. Aktivitas yang dilakukan siswa berikut ini, yang masih digolongkan sebagai pembelajaran yang pasif adalah …
a. Mengevaluasi
b. Menjelaskan
c. Menciptakan
d. Menganalisis
41. Piramida pengalaman belajar Dale membantu guru untuk menghubungkan tujuan pembelajaran dengan ….
a. Metode dan pilihan media pembelajaran
b. Kebutuhan pembelajaran siswa
c. Konten yang akan dipelajari siswa
d. Target pencapaian akhir pembelajaran
42. Siswa kelas 1 lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia karena hari ini Guru Ima mengajak mereka untuk membuat komik tentang keluarga. Hal ini menunjukan manfaat media untuk …
a. Menyampaikan pesan lebih jelas
b. Mengubah pengalaman abstrak menjadi konkrit
c. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
d. Mendorong keterlibatan murid
43. Film pendek penunjang pembelajaran termasuk ke dalam jenis media …
a. Audio Visual
b. Audio visual bergerak
c. Audio visual tidak bergerak
d. Multimedia
44. Salah satu kekurangan dari sumber belajar yang dirancang sendiri oleh guru, antara lain
a. Sesuai dengan rencana pembelajaran
b. Memungkinkan adanya personalisasi
c. Membutuhkan energi dan waktu pembuatan
d. Membutuhkan waktu untuk kurasi materi
45. Manfaat pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran jarak jauh yang paling terlihat adalah …
a. Pembelajaran yang searah menjadi lebih interaktif
b. Pembelajaran menggunakan aplikasi yang canggih
c. Pembelajaran menjadi lebih kaya dengan aktivitas
46. Dari asesmen diagnostik awal, Guru Rizqy mendapat data bahwa rata-rata muridnya memiliki gadget berupa hape dengan jangkauan jaringan internet yang cukup memadai di daerahnya. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari berbagai aplikasi. Guru Rizqy memilih menggunakan whatsapp untuk pembelajaran jarak jauh. Fitur obrolan, voice note, pengiriman gambar, video dan dokumen juga cukup dikenal dan mudah digunakan. Pemilihan ini didasari pertimbangan …
a. Tujuan pembelajaran
b. Karakteristik siswa
c. Keadaan lingkungan
d. Potensi teknologi
47. Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik ….
a. Melihat simulasi
b. Meliha pameran
c. Berparisipasi dalam workshop
d. Melakukan simulasi
48. Definisi dari media pembelajaran …
a. Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
b. Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
c. Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
d. Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
49. Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah ….
a. Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
b. Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
c. Mudah ditemui dikehidupan nyata
d. Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
50. Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat dan penggaris dengan ukuran – ukuran yang telah ditetapkan . Dari ilustrasi tersebut manakah yang termasuk media belajar ?
a. Ibu Tini sebagai guru matematika
b. Bangun ruang sebagai komptensi yang dipelajari
c. Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
d. Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
Sumber
: https://gurubelajar.kemdikbud.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar