YANG TERABAIKAN MENDATANGKAN BERKAH SAAT PANDEMI COVID -19
By
SRI WARDHANIH, S.Pd.M.Pd.
sriwardhanih@gmail.com
https://swardhanih.blogspot.com
SMP NEGERI 28 TANGERANG BANTEN
Pandemi Covid – 19 telah mewabah sejak Desember 2019 merubah tatanan kehidupan sosial masyarakat, bukan hanya di Indonesia tetapi diseluruh penjuru dunia, keganasan virus yang menyerang bagian pernafasan banyak menelan korban jiwa, sampai seluruh penjuru dunia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) untuk mencegah penularan dan memutus mata rantai covid – 19. Himbauan, anjuran bahkan aturan bagaimana harus bersikap di masa pandemi Covid – 19, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ), anjuran bahkan sangsi pelanggaran bagi yang tidak memakai masker, anjuran berolah raga serta disiplin diri untuk belajar dari rumah dan bekerja dari rumah.
Terkait pandemi Covid -19 dalam dunia pendidikan, berdasarkan Surat Keputusan Bersama ( SKB ) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang aturan masa darurat pandemi Covid-19, guna memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid – 19 aturan Belajar Dari Rumah ( BDR ) sejak bulan Maret 2020 , pembelajaran tidak dilakukan tatap muka dikelas bagi wilayah yang ber zona merah ataupun oranye, semua dilakukan dari rumah, kondisi ini sudah kita jalani lebih dari tujuh bulan, dalam kondisi seperti ini bila hanya selalu berkeluh kesah, marah atau protes, tidak akan merubah keadaan dan hanya menambah beban, yang terbaik dilakukan coba berusaha nyaman ditengah ketidaknyamanan.
Seperti yang sering orang bijak katakan dibalik musibah selalu ada hikmah, coba perhatikan hikmah apa yang ada dengan diberlakukannya bekerja dari rumah karena merebaknya wabah pandemi Covid – 19, yang selama ini terabaikan ternyata dimasa pandemi ini menjadi berkah antara lain :
1. Berkah untuk orang tua dan siswa
Yang selama ini terabaikan tetapi membawa keberkahan selama wabah Covid -19 antara lain :
a. Dengan berkumpulnya keluarga dan melakukan semua kegiatan bersama menambah keharmonisan dan keakraban antar anggota keluarga.
b. Orang tua semakin tahu tumbuh kembang anak bahkan dengan bersama – sama membimbing anak belajar dirumah, orang tua semakin tahu bagaimana perkembangan kompetensi anaknya dalam pembelajaran.
c. Semakin terjalin komunikasi orang tua dan anak yang tentunya apa yang di inginkan orang tua atau anak, akan didiskusikan saat kumpul bersama hingga terjadi kesepakatan yang harmonis.
d. Orang tua semakin mawas diri dan menyadari betapa sulit mendidik, membimbing membantu tugas anak dalam pembelajaran.
2. Berkah untuk guru
Yang selama ini terabaikan, mendapat keberkahan karena pandemi Covid – 19 antara lain :
a. Guru semakin rajin berinovasi dalam kegiatan pembelajaran, terutama untuk dapat menyajikan pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan.
b. Guru semakin kreatif menyajikan pembelajaran untuk kecakapan hidup siswa, menekankan kepada siswa untuk nyaman ditengah ketidaknyamanan.
c. Guru semakin terus belajar, belajar dan belajar untuk tetap eksis dikegiatan pembelajaran jarak jauh, mengikuti berbagai diklat Online, webinar, seiring dengan tetap membimbing siswanya dalam pembelajaran.
d. Terjalin kerjasama yang lebih intens antara orang tua, siswa dan guru untuk terpenuhinya kegiatan pembelajaran yang maksimal, bahkan jam kerja guru bukan lagi 8 jam akan tetapi mencapai 24 jam perhari.
e. Semakin banyak guru yang membuat video pembelajaran bahkan kini banyak guru yang menjadi Youtuber
f. Semakin banyak guru yang membuat Blog untuk menyampaikan materi pembelajarannya juga menjadi Blogger
3. Berkah untuk Aplikasi pembelajaran Online
Yang selama ini terabaikan, mendapat keberkahan karena merebaknya wabah pandemi Covid – 19 adalah berbagai aplikasi pembelajaran online diantaranya:
a. Rumah Belajar ( https://belajar.kemdikbud.go.id/ )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia telah meluncurkan aplikasi belajar online gratis bernama Rumah Belajar. Belajar melalui aplikasi ini didukung dengan video, audio, gambar, hingga animasi interaktif, kegiatan belajar tidak akan membosankan, beragam fitur menarik, seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan sebagainya. Yang sejak peluncurannya hanya sebagian orang yang menggunakan, kini hampir seluruh warga belajar se Indonesia menggunakan Aplikasi Rumah Belajar
b. seTara Daring ( https;//setara.kemdikbud.go.id/kesetaraan)
seTARA daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh, dengan tagline-nya 'Belajar Kapan Saja, Dimana Saja'. Sebagai Learning Management System (LMS), seTARA Daring menyediakan kelengkapan pembelajaran dari perancangan, pelaksanaan pembelajaran, sampai ke penilaian secara lengkap. Aplikasi pembelajaran daring terbaik ini dirancang oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Dengan platform online seTARA Daring, kegiatan kelas digital bagi para siswa dan guru dapat berjalan lebih mudah dan serba guna. Salah satu keunggulan aplikasi seTARA Daring yaitu telah terhubung dan terintegrasi dengan Sumber Belajar, sehingga guru dapat mengelola pembelajaran online dengan aman dan cepat.
c. Google Suite for Education
Untuk memudahkan siswa dan guru serta dosen dan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar, Google menghadirkan layanan belajar daring gratis bernama G Suite for Education. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan adalah Google Classroom. Dengan fitur ini, para siswa, guru, dosen, dan mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumah. Melalui G Suite for Education, para pengguna dapat terus belajar meski saat akses internet lambat atau tidak tersedia sekalipun
d. Ruang Guru
Ruang guru merupakan salah satu bimbingan belajar online terlengkap di Indonesia yang telah hadir berbasis aplikasi. Aplikasi Ruangguru menyediakan beragam fitur bermanfaat untuk pembelajaran daring, antara lain:
• Video Belajar Animasi memungkinkan menonton puluhan ribu video belajar animasi yang diajarkan oleh Master Teacher. Semua video dapat diunduh, bisa tonton berulang-ulang tanpa menggunakan kuota internet.
• Latihan Soal dan Pembahasan Ada lebih dari ratusan ribu soal dan pembahasan dengan tingkat kesulitan berbeda-beda, termasuk Higher Order Thinking Skills (HOTS). Nantinya, hasil latihan akan langsung keluar disertai dengan pembahasan lengkap.
• Rangkuman Modul Bimbel
menyajikan rangkuman menarik dari setiap materi bimbel secara visual melalui infografis.
• Social Learning Dengan aplikasi Ruangguru, setiap siswa bisa melakukan audio call untuk diskusi mengenai materi dengan para guru (Master Teacher).
Dan masih banyak Apliksi pembelajaran lain yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dimasa pandemi Covid-19.
Ternyata dibalik pandemi Covid-19 yang menakutkan dan meresahkan masyarakat, berbagai aplikasi pembelajaran, kebermanfaatan pengetahuan dan teknologi yang dahulu terabaikan dan hampir terlupakan, kini dimanfaatkan dan bermanfaat, tatanan kehidupan sosial masyarakat, pola hidup sehat dan bersih serta disiplin tinggi menjaga kesehatan keluarga dan masyarakat, lebih menghargai apapun yang sudah dilakukan dan apapun yang dilakukan benar – benar menjadi hikmah yang besar ditengah pandemi Covis-19.
Semoga rasa syukur atas anugrah terindah yang Tuhan berikan berupa nikmat sehat, silaturrahmi dan kerjasama yang dilakukan menjadi berkah yang diridhoiNya. Aamiin.
PROFIL
SRI WARDHANIH, S.Pd.M.Pd
Sri Wardhanih, S.Pd. M.Pd, kelahiran Tangerang, 07 April 1969 adalah anak kedua dari sembilan bersaudara pasangan Hj. Wahyuni ( Alm ) dan H. Anwar ( Alm ), menikah dengan Agus Santosa, SH, memiliki tiga orang anak dengan satu orang cucu. Sejak lahir, sekolah dan bekerja di Kota Tangerang, dengan alamat di JL. Raden Fatah Rt.01/05 No. 64 A Kelurahan Sudimara Barat Ciledug Kota Tangerang Banten yang terkenal dengan SOEDBOEL. Pendidikan yang ditempuh dari tahun 1975 – 1981 di SDN Sudimara 3 Ciledug, tahun 1981- 1984 SMPN 1 Ciledug, tahun 1984- 1987 SMAN 63 Jakarta, tahun 1987 - 1989 D2 Matematika P4TK IKIP Muhammadiyyah Jakarta, tahun2003 - 2005 S1 Pendidikan Matematika STKIP Kusuma Negara Jakarta, tahun 2013 - 2015 S2 Pendidikan MIPA UNINDRA PGRI Jakarta, pengalaman mengajar dari tahun 1985 menjadi guru mengaji, tahun 1989 – 2019 menjadi guru Matematika di SMP PGRI 1 Karang Tengah, tahun 1989 – 1992 menjadi guru Matematika di SMP Muhammadiyyah Ciledug, tahun 1990 – 1998 menjadi guru Matematika di SMP Manggala Ciledug, tahun 2005 – 2015 menjadi guru Geografi di SMA PGRI 117 Tangerang, dan sejak tahun 2017 sampai sekarang menjadi guru Matematika di SMP Negeri 28 Tangerang dan motto hidup” apapun yang dikerjakan/dilakukan, kerjakan/lakukan dengan tekun, ikhlas, tuntas dan istiqamah demi mengharap ridho Allah SWT”
# PGRI
#KOGTIK
#EPSON
#KSGN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar