3. ( Pengetahuan )
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. ( Keterampilan )
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
Apa yang akan kamu pelajari?
- Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat dengan pangkat positif, negatif dan nol
- Mengubah pangkat positif menjadi negatif dan sebaliknya.
- Mengenal arti pangkat positif dan negatif Mengenal bentuk akar
- Kata Kunci Pangkat Positif Pangkat Negatif Pangkat Nol Bentuk akar
Jadi kalian sudah paham kan mengenai pangkat dan akar? mari kita lanjutkan kembali.
Jika diketahui : dapatkah diketahui nilai n nya?
Jawab: -> kita tau bahwa , dan -> dan diambil dari nilai pangkatnya. Jadi nilai n =
Jadi dapat dilihat bahwa : atau dapat dituliskan
Mari kita lanjut kembali.
Dalam Tingkat SMP kelas 9 ini, materi bilangan berpangkat dan bentuk akar dibagi menjadi beberapa bahasan materi, yaitu :
A. Bilangan Berpangkat Bilangan Bulat
1. Bilangan Berpangkat Sederhana
2. Bilangan Berpangkat Nol
3. Bilangan Berpangkat Negatif
B. Bilangan Pecahan Berpangkat
C. Bentuk Akar
1. Operasi Hitung Bentuk Akar
2. Hubungan Bentuk Akar dengan Pangkat Pecahan
D. Merasionalkan Bentuk Akar
A. Bilangan Berpangkat Bilangan Bulat
1. Bilangan Berpangkat Sederhana.
Perhatikan contoh perkalian berikut:
Dari ke empat contoh perkalian tersebut dapat dibuat bentuk pangkat sebagai berikut :
- a. 2 x 2 x 2
- b. 3 x 3 x 3 x 3
- c. 4 x 4 x 4 x 4 x 4
- d. 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5
a. 2 x 2 x 2 =
b. 3 x 3 x 3 x 3 =
c. 4 x 4 x 4 x 4 x 4 =
d. 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 =
Bentuk perpangkatan tersebut memiliki bilangan pangkat bilangan bulat positif.
Bentuk bilangan berpangkat seperti ini lah yang dinamakan dengan bilangan berpangkat sederhana.
Pada bilangan perpangkatan dengan pangkat bilangan bulat, memiliki sifat-sifat berikut ini :
Jika a,b ∈ R dan m,n adalah bilangan bulat positif, maka :
1.
2.
3.
4.
b. Bilangan Berpangkat Nol
c. Bilangan Berpangkat Negatif
B. Bilangan Pecahan Berpangkat
C. Bentuk Akar
Contoh Bentuk akar :
Akar-akar tersebut bukanlah bentuk akar, karena ;
- hasilnya adalah 2, karena 2 bukan bilangan irrasional, maka bukan bentuk akar.
- hasilnya 3, karena 3 bukan bilangan irrasional, maka bukan merupakan bentuk akar.
- hasilnya 4, bukan bentuk akar. kalian sudah tahu kan alasannya? ya, karna 4 adalah bilangan rasional.
Soal No. 1
Nilai dari 22 + 23 + 24 adalah....
A. 28
B. 48
C. 512
Pembahasan
22 + 23 + 24
= (2×2) + (2×2×2) + (2×2×2×2)
= 4 + 8 + 16
= 28
Jawaban: A
Soal No. 2
Nilai dari 22 ⋅ 23 ⋅ 24 adalah....
A. 128
B. 256
C. 512
Pembahasan
22 ⋅ 23 ⋅ 24
= (2×2) × (2×2×2) × (2×2×2×2)
= 4×8×16
= 512
Jawaban: C
Bisa juga seperti ini, 22 ⋅ 23 ⋅ 24
= 2(2 + 3 + 4)
= 29
= 512
Pointers:
Soal No. 3
Nilai dari
53 + 5−3 = ....
A. 0
B. 124,992
C. 125,008
Pembahasan
53 + 5−3
Jawaban : C
Pointers:
Soal No. 4
Hasil dari 4−2 + 4−3 adalah...
A. 1/64
B. 1/32
C. 1/16
D. 5/64
(Bentuk Pangkat - UN 2013)
Pembahasan
Caranya seperti soal nomor 3:
Jawaban : C
Soal No. 5
Bentuk sederhana dari
adalah....
A. a4 b3 c2
B. a8 b9 c10
C. a12 b18 c24
Pembahasan
Jawaban : A
Pointers:
Soal No. 6
Bentuk sederhana dari
adalah….
A. a4 b 3 c2
B. a8 b9 c10
C. a12 b18 c24
Pembahasan
Jawaban : B
Soal No. 7
Nilai dari
adalah....
Pembahasan
Pointers:
Soal No. 8
Nilai dari
adalah....
Pembahasan
Soal No. 9
Hasil dari
adalah....
A. 8
B. 15
C. 24
Pembahasan
Jawaban: B
Soal No. 10
Nilai x pada persamaan berikut
adalah….
A. 1
B. 2
C. 3
Pembahasan
Jawaban : B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar